Pengusaha sukses

Pengusaha sukses

Cara menjadi pengusaha sukses

Melihat persaingan pencari kerja di Indonesia yang semakin hari semakin ketat, ternyata mendorong sebagian besar masyarakat Indonesia merintis sebuah usaha sebagai alternatif tepat guna mencukupi kebutuhan hidup mereka. Berbagai macam peluang usahapun kini mulai dirintis para pemula, sebut saja seperti peluang bisnis di sektor jasa, bisnis kuliner, bisnis fashion atau pakaian, bisnis jual produk secara online (toko online) hingga bisnis franchise yang belakangan ini dipilih para investor sebagai salah satu peluang usaha yang cukup menarik untuk mengembangkan modal dana yang mereka miliki. Meskipun pada dasarnya bisnis yang mereka jalankan berbeda-beda, namun setiap pengusaha memberikan kontrubusi yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu ingin memiliki pencapaian puncak sukses bisnisnya.

Untuk menjadi pengusaha sukses biasanya kesulitan pada awal memulainya. Orang menjadi sulit untuk memulai usaha karena cara berpikir. Ada yang berpikir negatif, adapula berpikir positif. Ciri orang yang berpikir negatif adalah tidak menarik, tidak laku, mutu jelek, gagal dan rugi. Sementara orang yang pikir positif adalah menarik, laku, mutu bagus, pembeli puas dan utung. Cara berpikir akan menentukan untuk memulai usaha dan bertekun untuk terus mengembangkannya.

Untuk menjadi pengusaha sukses ada beberapa aspek yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu usaha yang dijalankan, diantaranya aspek modal, pengolahan maupun pemasaran. Modal bisa didapat dari berbagai cara misalnya dengan modal kita sendiri, ataupun dengan pinjaman. Oleh karena itu sangat dibutuhkan suatu kemitraan atau hubungan sosial yang baik dalam dunia usaha. Karena, terkadang untuk menjadi pengusaha sukses, kita tidak dapat memulainya sendiri baik karena kekurangan uang, sumber daya, maupun kreatifitas. Oleh karena itu, kemitraan sangat dibutuhkan dan merupakan salah satu aspek yang penting dalam dunia usaha, sedangkan pengelolaan, manajemen, dan pemasaran akan lebih baik bila kita menguasainya lebih jauh, karena aspek pengelolaan dan pemasaran merupakan aspek yang sangat penting.

Secara garis besar,cara menjadi pengusaha sukses adalah sebagai berikut :

  1. Menentukan produk yang tepat
  2. Mencari tahu target pasar
  3. Memilih media promosi yang efektif
  4. Menggunakan strategi promosi kreatif
  5. Membuat pembukuan untuk menghitung margin

Selanjutnya mari kita kupas secara mendalam, satu persatu dari kelima poin penting diatas untuk menjadi pengusaha sukses.

Menentukan produk yang tepat

Langkah awal untuk menjadi pengusaha sukses adalah menentukan produk atau jamak disebut riset produk. Produk disini tidak selamanya harus berbentuk barang fisik, namun bisa berupa barang digital seperti ebook, ecourse atau semacamnya, atau bahkan berupa bentuk layanan atau jasa.

Untuk menentukan produk yang tepat, tentu kita harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen, sampai riset persaingan. Produk yang baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat (konsumen) namun memiliki tingkat persaingan kecil.

Salah satu untuk menentukan kedua riset tersebut adalah dengan menggunakan tool dari google. Ya, tool yang saya maksud adalah google adword keyword planner. Tool gratis dari google ini bisa kita gunakan untuk mencari tahu berapa banyak peminat suatu produk.

Alternatif lainnya untuk mencari ide bisnis terbaik secara gratis adalah dengan mencari alternatif produk dengan mencari di google trends, bisa juga menggunakan amazon best seller. Data tersebut bisa kita manfaatkan untuk menganalisa apakah produk tersebut memiliki prospek yang bagus atau tidak, trend atau tidak. Jadi anda tinggal melihat apa yang sedang trend atau tidak, lalu jual produk yang sedang trend tersebut, pasti produk tersebut laku keras.

Mencari tahu target pasar

Untuk menjadi pengusaha sukses, bukan hanya pandai dalam memilih produk, namun juga pandai menganalisa siapa yang menjadi target pasar. Jadi kita disini dituntut untuk mengetahui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam penempatanya salah, maka bisa dipastikan akan sulit untuk memperoleh penjualan.

Target pasar secara garis besar dibedakan menjadi 4 bagian sebagai berikut :

  1. Target produk.
  2. Target lokasi.
  3. Target demografi.
  4. Target spikografi.

Untuk memper mudah pemahaman dari keempat poin diatas, saya akan memberikan contoh semisal, jual aneka produk logam :

  1. Target produk : Targetnya orang dewasa.
  2. Target lokasi : Kota besar di Indonesia.
  3. Target demografi : Orang kaya.
  4. Target spikografi : aktiv di sosial media.

Dengan menentukan dan mengetahui target, maka anda akan lebih mudah dalam menentukan media dan cara menentukan produk seperti apa yang akan digunakan. Pastinya akan menentukan presentasi penjualan.

Memilih media promosi yang efektif

Ada banyak media yang dapat kita gunakan untuk media promosi, seperti media cetak, radio, tv, internet (sosial media, web toko online, dan sebagainya). Namun tidak semua media itu efektiv untuk meningkatkan penjualan. Karena kembali siapa yang akan menjadi target anda, jika target anda adalah remaja, maka gunakanlah internet dalam promosi. Sebaliknya, jika target anda adalah orang tua, maka promosilah lewat media tv atau radio.

Salah satu cara untuk menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil bisa menggunakanĀ  situs media promosi gratis di internet, seperti Google+, Twitter, Facebook, instagram, karena dari media sosial itulah kita bisa mendapatkan banyak pelanggan, mengingat masyarakat modern saat ini lebih memilih bersosial lewat sosial media di internet dibanding bertemu langsung didunia nyata.

Menggunakan strategi promosi kreatif

Akan sangat sulit untuk menjadi pengusaha sukses jika anda tidak mengerti bagaimana menjalankan strategiĀ  berbisnis yang baik dan benar.

Berikut gambaran tentang strategi promosi kreatif untuk mendapatkan banyak pelanggan adalah sebagai berikut :

  1. Dapatkan kepercayaan pelanggan.
  2. Berikan harga murah diawal.
  3. Diskon untuk pembelian lebih dari satu produk.
  4. Sarankan produk lain.
  5. Jangan lupa, layanan after sales.

Membuat pembukuan untuk menghitung margin

Akan lebih baik bagi pengusaha memiliki pembukuan yang jelas, karena dari pembukuan tersebut nantinya bisa menghitung untung ataupun rugi. Jadi kita bisa mengetahui seberapa besar keuntungan ataupun kerugian dalam berbisnis setelah dikurangi dengan modal yang dikeluarkan. Pembukuan itu penting untuk menjadi pengusaha sukses, pembukuan juga akan membantu kita untuk merencanakan bisnis kita kedepan.

Itulah cara untuk menjadi pengusaha sukses yang bisa saya berikan, semoga bisa memberikan inspirasi untuk menjadi pengusaha sukses.

Salam sukses – PT Graha Adikarya Logam