Arti dan Makna Lambang atau Simbol K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Arti dan Makna  Lambang atau Simbol K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Arti dan makna menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah berbeda, arti menurut kamus besar bahasa indonesia adalah maksud yang terkandung dalam perkataan,atau kalimat. Sedangkan makna, menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah mempunyai, atau mengandung maksud pembicaraan, atau penulis yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan.

Sebelum mengupas arti atau makna lambang atau simbol K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), mari kita kupas arti dari kata “lambang” atau “simbol” secara mendalam dibawah ini:

Lambang atau simbol adalah sesuatu seperti tanda, lukisan, atau lencana dan sebagainya, yang menyatakan suatu hal, atau mengandung maksud tertentu. Setelah kita mengetahui apa arti atau makna dari kata “lambang” atau “simbol”, mari kita kupas secara mendalam tentang lambang atau simbol K3 (Keselamatan dan kesehatan Kerja), secara terperinci, dan mendalam sebagai berikut dibawah ini:

Lambang atau simbol K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), beserta arti dan maknanya terdapat Kepmenaker RI 1135/MEN/1987 tentang bendera Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Syarat-syarat bendera K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), sudah diatur dalam Kepmenaker RI 1135/MEN/1987 diantaranya sebagai berikut :

-Bentuk bendera K3 persegi panjang (900 x 1350 mm).

-Warna bendera K3 berwarna putih.

-Lambang K3 terletak bolak-balik.

-Bentuk palang dilingkari roda bergerigi sebelas dengan warna hijau.

-Letak titik pusat 390 dari pinggir atas.

-Ukuran roda gigi R 1 adalah 300 mm.

  • Ukuran roda gigi R 2 adalah 235 mm.
  • Ukuran roda gigi R 3 adalah 160 mm.
  • Ukuran tebal ujung gigi adalah 55 mm.
  • Ukuran jarak pangkal gigi adalah 85 mm.
  • Ukuran jarak gigi adalah 32,72 derajat.
  • Ukuran Palang hijau adalah 270 x 270 mm, dan tebalnya adalah 90 mm.

-Kalimat “Utamakan Keselamtan dan Kesehatan Kerja”, berwarna hijau, terletak bolak-balik dikedua sisi dengan ketentuan sebagai berikut dibawah ini :

  • Tinggi huruf 45 mm.
  • Tebal huruf 6 mm.
  • Panjang kata “Utamakan” 360 mm.
  • Panjang kata “Keselamatan dan Kesehatan Kerja” 990 mm.
  • Jarak baris atas, dan bawah 72 mm.
  • Jarak garis bawah, dan garis pinggir bawah bendera 75 mm.

Secara umum, pemasangan bendera K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), dipasang bersama dengan bendera negara, dan bendera perusahaan. Bendera negara dipasang ditengah dengan tiang yang lebih tinggi. Sementara bendera K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), dan bendera perusahaan, dipasang lebih rendah dari bendera negara.

Berikut penjelasan mengenai arti dan makna, lambang atau logo K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dibawah ini :

  • Palang berarti atau bermakna bebas dari kecelakaan, dan penyakit akibat kerja.
  • Roda gigi berarti atau bermakna bekerja dengan kesegaran jasmani , dan rohani.
  • Warna putih berarti atau bermakna suci, dan bersih.
  • Warna hijau berarti atau bermakna selamat, sehat, dan sejahtera.
  • Sebelas gigi roda berarti dan bermakna sebelas bab dalam undang-undang No 1 tahun 1970, tentang keselamatan dan kesehatan kerja.

Setelah kita mengetahui, apa arti dan makna dari lambang, atau simbol dari K3 (keselamatan dan Kesehatan Kerja) secara terperinci  diatas, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, maksud dan tujuan dari lambang, atau simbol K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tersebut bertujuan baik demi keselarasan, antara karyawan, atau buruh dan pengusaha yang memperkerjakan karyawan, atau buruh.

Kami PT. Graha Adikarya Logam, selalu memasang lambang atau simbol K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), di area strategis perusahaan PT. Graha Adikarya Logam, agar karyawan, atau buruh PT. Graha Adikarya Logam, setiap hari melihat lambang, atau simbol K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) sehingga paham, dan mengerti tentang pentingnya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Sehingga karyawan, atau buruh PT. Graha Adikarya Logam selalu waspada, dan hati-hati dalam menjalankan pekerjaaanya, untuk menghindari, atau meminimalisir angka kecelakaan kerja di area perusahan kami, dikarenakan setiap hari,bahkan setiap waktu selalu melihat simbol atau lambang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di area perusahan kami.

Kami PT. Graha Adikarya Logam, berupaya untuk mengurangi, dan memperkecil terjadinya kecelakaan kerja terhadap karyawan atau buruh PT. Graha Adikarya Logam, dan menjamin keselamatan dan kesehatan kerja, serta mengikutkan karyawan kami di BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan, dan mentaati prosedur yang berlaku di negara Indonesia.

Salam sukses – PT Graha Adikarya Logam